Kamis, 14 Februari 2013

Harga Pokok Produ

Pengertian harga pokok produksi menurut Slamet Sugiri dan Bogat Agus Riyono dalam buku “Akuntansi Pengantar I” menyatakan bahwa: “Biaya produksi atau harga pokok produksi merupakan kumpulan dari biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan mengolah bahan baku menjadi barang jadi”.

Pengertian harga pokok produksi menurut Hansen dan Mowen dalam bukunya ”Management Accounting” adalah sebagai berikut : “Harga pokok produksi adalah mewakili jumlah biaya barang yang diseleseikan pada periode tertentu”.(2004 ; 48)

Pengertian harga pokok produksi menurut Supriyono dalam bukunya ”Sistem Pengendalian Manajemen” adalah sebagai berikut : “Harga pokok produksi adalah aktiva atau jasa yang dikorbankan atau diserahkan dalam proses produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik dan termasuk biaya produksi”.
(2002 ; 11)

Pengertian harga pokok produksi menurut Winardi adalah jumlah dari pengorbanan-pengorbananyang dinyatakan berupa uang (satuan jumlah) biaya-biaya yang perlu gunamencapai, mempertahankan atau menjual benda-benda ekonomi (Winardi,1990: 82).

pengertian harga pokok produksi menurut Garrison/Norren yang diterjemahkan oleh A. Totok Budi Santoso dalam bukunya “Akuntansi Manajemen”, menyatakan bahwa: “Harga pokok produksi adalah sejumlah biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik yang terjadi selama periode tertentu dan berkaitan juga dengan barang-barang setengah jadi”.

Pengertian harga pokok produksi menurut Samryn : harga pokokproduk merupakan nilai investasi yang dikorbankan untuk mengubah bahan bakumenjadi barang jadi yang komponennya terdiri dari: biaya bahan baku,biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik (2002: 85).

Pengertian harga pokok produksi menurut Rybun (1999:31) harga pokok produksi meliputi keseluruhan bahan langsung, tenaga kerja langsung dan overhead pabrik yang dikeluarkan untuk memproduksi barang atau jasa.

Pengertian harga pokok produksi menurut Mulyadi (2007:10) Harga pokok produksi atau disebut harga pokok adalah pengobanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau kemungkinan terjadi untuk memperoleh penghasilan.

Pengertian harga pokok produksi menurut Tresno Lesmono (1998 : 1) Harga pokok adalah nilai pengorbanan untuk memperoleh barang dan jasa yang diukur dengan niali mata uang. Besarnya biaya diukur dengan berkurangnya atau timbulnya utang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar